Food

Tak Terduga, Pria Ini Beberkan Taktik Atasi Kerupuk Melempem

Seorang pria mengungkapkan apa yang dilakukan pemasok saat mendapat kerupuk melempem. Rupanya kerupukmelempem tersebut bukan digoreng kembali.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna

Ilustrasi kerupuk. (Pixabay/Mabel Amber)
Ilustrasi kerupuk. (Pixabay/Mabel Amber)

Guideku.com - Saat makan di warung pernahkah kamu mendapatkan kerupuk melempem? Tahukah kamu kerupuk melempem itu nantinya bukan dibuang atau digoreng kembali oleh pemasok?

Seorang pengusaha katering,Andy Fajar Handika, mengungkapkan infromasi menarik tentang kerupuk yang tak banyak orang tahu. Ia menjeleskan tentang kerupuk melempem kepada warganet.

ia menjelaskan bahwa kerupuk melempem di warung tak akan dibuang melalui akun Twitter @TalkinAndy. Kerupuk itu nantinya akan diambil kembali oleh pemasok kerupuk.

Setelah diambil, kerupuk melempem itu pun tak akan digoreng kembali. Kerupuk melempem akan dimasukkan ke dalam wadah besar bersama kerupuk yang masih renyah.

Setelah digabungkan, kerupuk melempem itu akan ikut renyah kembali seperti kerupuk lainnya. Andy menyebutkan, hal ini dapat terjadi karena adanya proses difusi atau perpindahan molekul air antara kerupuk melempem dan kerupuk renyah.

Fakta kerupuk melempem (Twitter @TalkinAndy)
Fakta kerupuk melempem (Twitter @TalkinAndy)

Kerupuk melempem memiliki konsentrasi air yang lebih tinggi daripada kerupuk renyah. Difusi tersebut akan terjadi sampai titik equilibrilium atau seimbang.

Kerupuk melempem bisa krmbali renyah asalkan jumlah kerupuk yang kondisinya masih bagus jumlahnya lebih banyak.

Ia juga menjelaskan kenapa kerupuk yang diletakkan di dalam kulkas bisa kembali renyah. Hal ini lantaran udara dingin memiliki kelembaban yang lebih rendah.

Kelembaban yang lebih rendah tersebut kemudian menarik air dari makanan, termasuk kerupuk. Di negara subtropis, kerupuk yang dibiarkan pada wadah terbuka pun tak akan melempem.

Cuitan Andy soal fakta kerupuk melempem ini pun menarik banyak perhatian warganet. Hingga Kamis (4/1/2021), cuitannya sudah viral serta mendapatkan 12 ribu lebih likes. Ribuan respon warganet pun membanjiri cuitan tersebut.

"Mama ku dulu punya cemilan melempem tapi bukan kerupuk, terus masukin Tupperware bareng sama yang masih renyah kayaknya. Terus pas di makan lagi jadi renyah, mama ku mikirnya itu magic dari Tupperware ternyata emang ada kimianya," cerita seorang warganet.

Warganet lainnya ikut memberikan respon atas hal ini. "Ini bener sih tapi biasanya ketahuan pas udah kelamaan kerupuknya agak apek, karna bukan kerupuk baru. Sering berantem sama abang kerupuk yang kaya gini soalnya wkwk," ujar warganet ini.

"Ooo.. sekarang gitu ya? Dulu lihat tetangga yang pabrik krupuk sih dikumpulkan lagi, dibawa ke pabrik lagi, dijemur lalu digoreng lagi. Pantesan dia bangkrut, terlalu jujur kali ya," tulis warganet lainnya tentang hal ini.

Berita Terkait

Berita Terkini