Travel

OMG, Ilmuwan Temukan 4 Cara Selamat Jika Kamu Jatuh dari Pesawat

Cara ini terinspirasi dari kisah nyata para penyintas.

Dany Garjito

Jatuh. (Pixabay)
Jatuh. (Pixabay)

Guideku.com - Waduh jangan sampai kejadian deh, kecelakaan pesawat dan jatuh dari pesawat! Tapi jika sampai itu terjadi pada kamu, kamu masih punya peluang untuk selamat, meskipun peluangnya kecil, ini cara selamat jika jatuh dari pesawat!

Cara selamat dari kecelakaan pesawat atau jatuh dari pesawat ini merupakan temuan para ilmuwan.

Cara bertahan hidup ini bukan sekedar imajinasi belaka karena berdasarkan kisah nyata dari orang-orang yang pernah selamat. Rata-rata mereka pernah selamat saat jatuh dari ketinggian ribuan meter meski tulang-tulang mereka patah.

Seorang penulis yang bernama Jim Hamilton juga pernah mengumpulkan lusinan kisah mengenai orang yang selamat setelah jatuh dari ketinggian ribuan meter.

Contohnya Alan Magee selamat setelah jatuh dari ketinggian 6.010 meter setelah keluar dari pesawatnya saat Perang Dunia II. Magee selamat dengan mendarat di atap kaca dari stasiun kereta api Prancis.

Vesna Vulovic, seorang pramugari Serbia memegang rekor dunia Guinness saat selamat setelah jatuh dari pesawat dengan ketinggian 30 ribu kaki atau 9.150 meter. Itu terjadi saat pesawatnya meledak di tahun 1970-an.

Melihat kisah-kisah penyintas atau survivor itu, pasti ada alasan ilmiah di baliknya yang membuat orang itu hidup.

Dikutip dari NPR, Rhett Allain, seorang profesor fisika dan juga seorang ilmuwan di Southeastern Louisiana State University memberikan data ilmiah yang membuat kita bisa selamat saat jatuh dari ketinggian ribuan meter.

Namun dia menjelaskan bahwa bukti eksperimental pada subyek sangat tipis dengan alasan tidak etis membuang orang keluar dari pesawat hanya untuk pengujian ilmiah.

Berikut empat cara selamat jika kamu jatuh dari pesawat ataupun jatuh dari ketinggian ribuan meter!


1. Ketahuilah dulu bahwa ukuran tubuh menjadi salah satu faktor kesuksesan bertahan hidup ini

Tubuh. (Pixabay)
Tubuh. (Pixabay)

Ukuran tubuh ternyata mempengaruhi peluang hidup dan mati seseorang ketika jatuh dari ribuan meter. Jika kamu memiliki tubuh yang kecil, kamu memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup.

Teorinya, gaya gravitasi tergantung pada massa seseorang. Seseorang yang lebih besar akan memiliki gaya gravitasi yang lebih besar yang diberikan kepadanya. Itu akan membutuhkan kekuatan yang lebih besar dari hambatan udara untuk menghentikan akselerasinya.

Kamu harus bersyukur jika mempunyai tubuh yang kecil namun jika belum, mulailah diet dari sekarang.

2. Mendarat di sesuatu yang lembut.

Pohon. (Pixabay)
Pohon. (Pixabay)

Kekuatan bertahan hidup sangat dipengaruhi oleh ''G-forces'' (kekuatan percepatan yang kamu rasakan ketika kamu tiba-tiba mengubah kecepatan)

Permukaan yang lebih lembut akan memperkecil ''G-force'' yang kamu rasakan sehingga hentakan tak terlalu besar.

Allain merekomendasikan untuk berusaha mendarat ke pepohonan. Dahan pohon yang ditabrak akan menurunkan akselerasi dan memperkecil ''G-force''.

Banyak korban yang selamat dari ketinggian saat mereka mendarat di pepohonan.

Air juga bisa menjadi target pendaratan yang bagus, meskipun sejarah mencatat air justru dapat membunuh setelah pendaratan.

Jika mereka berhasil bertahan hidup, mereka kebanyakan akan kelelahan dan tenggelam.

Ilmuwan mengungkap bahwa pohon, salju, jaringan listrik, dan atap rumah tercatat mempunyai sejarah positif dalam menyelamatkan orang setelah jatuh dari ketinggian.


3. Sebisa mungkin hindari benturan pada kepala

Kepala. (Pixabay)
Kepala. (Pixabay)

Para ilmuwan berbeda pendapat tentang cara yang benar untuk mendarat, tetapi mereka sepakat mengenai cara yang salah dalam mendarat.

Cara yang salah adalah memberikan kepala kamu tepat ke permukaan saat mendarat.

Ilmuwan dan ahli fisika sepakat bahwa mendarat dengan menghadapkan ke belakang tubuh mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk hidup.

Kamu harus meringkuk untuk melakukannya.

Hasil penelitian ini diperkuat dari percobaan NASA dari tahun 1960 yang meneliti efek kekuatan G-force pada pilot mereka.

NASA menyebut akselerasi ini semacam teori ''eyeballs in'' karena orang yang mengalaminya merasa seperti bola mata mereka didorong ke belakang kepala.

Ini seperti kekuatan yang mendorong pembalap mobil ke belakang kursi ketika mereka mendorong gas.

Ilmuwan berpendapat melakukan pendaratan di punggung dan menghadap ke atas memberikan kesempatan terbaik untuk selamat karena meniru teori ''eyeballs in''.

4. Mendarat dengan kaki terlebih dahulu

Kaki. (Pixabay)
Kaki. (Pixabay)

Sebelum meringkuk, para ahli berpendapat bahwa kaki merupakan penopang yang hebat (meski akan patah) dalam meredam percepatan.

Ini diperkuat dari penelitian dari Highway Safety Research Institute yang memeriksa 110 studi kasus mengenai korban jatuh.

Korban yang berhasil selamat diketahui bertahan hidup setelah melakukan pendaratan pertama dari kaki mereka.

Kamu harus rela mengikhlaskan kaki kalau masih sayang nyawa. Penelitian menyebutkan bahwa tulang yang panjang dapat meredam sejumlah energi besar sebelum patah.

Itulah empat cara selamat jika kamu jatuh dari pesawat ataupun jatuh dari ketinggian ribuan meter! Tapi kalau boleh milih sih, jangan sampai mengalami hal tersebut ya travel lovers!

HITEKNO.com/Rezza Dwi Rachmanta

Artikel ini sudah dimuat di HITEKNO.com dengan judul: Jatuh dari Ketinggian Ribuan Meter, Ini Caranya Agar Selamat

Berita Terkait

Berita Terkini