Travel

Ini Patung Tertinggi di Dunia, Dua Kali Lebih Tinggi dari Liberty

Siap jadi destinasi wisata baru nih!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Patung Tertinggi di Dunia (instagram.com/statueofunity)
Patung Tertinggi di Dunia (instagram.com/statueofunity)

Guideku.com - Travelers pasti sudah tidak asing dengan patung-patung ikonik seperti Patung Liberty di Amerika, Christ the Redeemer di Brasil, hingga Spring Temple Buddha di Cina.

Dari sekian banyak patung yang menjadi destinasi wisata tersebut, Spring Temple Buddha di Cina merupakan pemegang rekor patung tertinggi di dunia.

Namun, hal tersebut akan berubah pada tanggal 31 Oktober 2018 besok, tepatnya saat Statue of Unity atau patung persatuan di India resmi dibuka untuk umum.

Tak tanggung-tanggung, patung ini akan menjulang setinggi 182 meter. Dengan kata lain, tinggi Statue of Unity adalah 30,5 meter lebih tinggi dari Spring Temple Buddha.

Patung Tertinggi di Dunia (instagram,com/statueofunity)
Patung Tertinggi di Dunia (instagram,com/statueofunity)

Terletak di Pulau Sadhu, India Selatan, patung ini menggambarkan figur Vallabhbhai Patel, pemimpin pergerakan kemerdekaan di India.

Vallabhbhai Patel memang dikenal sebagai tokoh pemersatu India yang dihormati banyak orang. Patel kerap disebut dengan julukan ''Unifier of India''.

Konsep patung ini sendiri dibuat oleh Perdana Menteri Modi dengan maksud membuat sebuah memorial untuk Patel.

Pembangunan Statue of Unity ini sudah berlangsung selama lima tahun dan melibatkan ribuah pekerja serta ratusan insinyur. Tak hanya itu, Statue of Unity akan dilengkapi dengan viewing gallery yang bisa menampung 200 pengunjung setiap waktunya.

Dikatakan, tinggi patung ini akan mencapai lima kali tinggi patung Christ the Redeemer dan lebih dari dua kali tinggi patung Liberty.

Patung Tertinggi di Dunia (instagram,com/statueofunity)
Patung Tertinggi di Dunia (instagram,com/statueofunity)

Meski kelihatannya megah bukan main, bukan berarti proyek pembangunan patung tertinggi di dunia ini tanpa kritik dari masyarakat.

Banyak yang berpendapat bahwa pemerintah India hanya buang-buang uang dan uang tersebut seharusnya bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti perlindungan wanita, edukasi, dan agrikultur.

Ironisnya lagi, Patel sebagai sang tokoh yang dibuatkan patung dulu pernah berkata bahwa dirinya menentang konsep bangunan dan patung yang dibuat demi menghormati seseorang.

Namun, terlepas dari pendapat kontra yang ada, patung ini tetap akan dibuka tanggal 31 Oktober besok dan menjadi destinasi wisata baru di India. Tertarik berkunjung?

Berita Terkait

Berita Terkini