Food

Tiga Warna Ini Kerap Dipakai Logo Restoran Cepat Saji, Kenapa?

Yang sering ke McDonalds atau KFC, bisa tebak kenapa?

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati

Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay)
Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay)

Guideku.com - Siapa sih yang belum pernah datang ke restoran cepat saji atau mencicipi fastfood? Di zaman sekarang ini, restoran cepat saji kerap menjadi pilihan kaum muda untuk sekadar nongkrong atau alternatif mengisi perut.

Namun, tak hanya sekadar datang, pesan, dan makan, pernahkah kamu memperhatikan warna dari logo-logo restoran cepat saji tersebut?

Sebut saja logo KFC, McDonalds, Pizza Hut, Burger King, Wendy's, Subway, hingga Dunkin Donuts. Perhatikan baik-baik, dan kamu akan menemukan warna apa saja yang mendominasi logo fastfood di atas.

Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay/skeeze)
Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay/skeeze)

 

Yup, ternyata, kebanyakan dari restoran di atas memilih untuk menggunakan warna merah dan kuning sebagai warna logo restoran cepat saji mereka. Tak hanya itu, ada pula yang memilih untuk menggunakan warna oranye.

Kesamaan warna logo restoran cepat saji ini bukan tanpa alasan, guys. Bukan juga karena alasan saling memplagiat satu sama lain.

Alih-alih, rupanya ada psikologi warna yang terkait dengan penggunaan warna merah, oranye, dan kuning dalam logo restoran cepat saji.

Arti Warna di Logo Fastfood (OpenClipArt-Vectors)
Arti Warna di Logo Fastfood (OpenClipArt-Vectors)

 

Pertama, jika dibahas dari sisi psikologis, hal tersebut ternyata berkaitan dengan arti warna merah, kuning, dan oranye itu sendiri.

Dalam hal pembuatan logo sebuah merek, merah dikaitkan dengan perasaan girang, senang, bersemangat, dan berjiwa muda. Sementara itu, oranye sama-sama memiliki makna energetik seperti merah meski lebih jarang digunakan.

Sedangkan kuning dipilih karena warna ini menimbulkan perasaan ramah dan terjangkau. Kuning juga memiliki arti keceriaan dan berjiwa muda layaknya merah tadi.

Para ilmuwan menyebut teori di balik pemilihan warna merah, kuning, dan oranye ini sebagai ''ketchup and mustard theory''.

Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay/denvit)
Arti Warna di Logo Fastfood (Pixabay/denvit)

 

Didasarkan pada arti warna yang sudah disebutkan di atas, beberapa ilmuwan percaya bahwa ketiga warna tersebut memiliki kemampuan untuk membuat kita merasa hangat dan dicintai, juga memancing ketertarikan akan sesuatu.

Wajar saja sih, karena siapa yang tidak tertarik dengan sesuatu yang berbau ceria, bersahabat, dan juga dapat membangkitkan semangat?

Beberapa ilmuwan bahkan menyatakan bahwa kuning dapat membantu mempercepat proses metabolisme tubuh, sementara merah akan membuat kita merasa hangat dan nyaman selagi memakan makanan di restoran.

Duh, pantas saja ketiga warna ini banyak digunakan oleh gerai restoran cepat saji di seluruh dunia ya, guys!

Sekarang, nggak heran lagi kan kenapa logo restoran cepat saji warnanya itu-itu saja?

Berita Terkait

Berita Terkini