Food

Curhat Netizen Ribetnya Turis Indonesia Makan di Jepang, 'Apa-Apa Haram'

Kelakuan turis Indonesia di Jepang kembali jadi omongan.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Restoran Jepang (Pixabay/sharonang)
Ilustrasi Restoran Jepang (Pixabay/sharonang)

Guideku.com - Nggak ada yang salah dengan mencari makanan halal saat melancong ke luar negeri. Malahan, wajar-wajar saja jika seseorang bertanya ke pemilik restoran atau penjaja makanan apakah makanan yang disediakan mengandung babi.

Meski begitu, bertanya bukan berarti meragukan semua hal dan membuat orang lain jadi kerepotan, ya.

Hal itulah yang menjadi topik curhat netizen dengan akun @pritiktanya ini soal ribetnya turis Indonesia makan di Jepang.

Lewat cuitannya, netizen ini curhat soal bagaimana kebanyakan turis Indonesia menganggap semua tempat menjual babi.

Ilustrasi Sushi (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Sushi (Pixabay/StockSnap)

Sebagai solusi, netizen ini pun mengajak turis Indonesia ke tempat yang menjual sapi atau ayam. Namun, turis Indonesia masih mempertanyakan apakah makanan yang ada halal atau tidak.

Hal yang sama juga terjadi saat netizen ini mengajak orang Indonesia ke resto sushi. Antara nggak doyan ikan mentah, sampai mempertanyakan apakah sushi atau shoyu (kecap asin) halal jadi alasan.

Nggak hanya itu, turis Indonesia tak jarang masih mencari-cari alasan meski sudah dibawa ke restoran berlogo halal.

Salah satu contoh lain yang dibagikan netizen ini adalah ketika dirinya ditanya apa makanan yang terkenal di Osaka.

Saat dia menjawab bahwa yang terkenal adalah takoyaki, turis yang diajaknya malah berkata, ''Tapi katanya itu gorengnya pake minyak babi biar rasanya enak banget ya...''

Wajar, hal ini pun membuat si netizen kesal karena turis Indonesia kebanyakan langsung membuat asumsi tanpa memastikan kebenarannya lebih dulu.

Ilustrasi Takoyaki (Pixabay/yehnick)
Ilustrasi Takoyaki (Pixabay/yehnick)

Di akhir cerita, netizen @pritiktanya ini pun menegaskan jika dirinya menghormati mereka yang mencari makanan halal di Jepang dan ingin meminta bantuannya.

Namun, di sisi lain dia juga berharap agar turis Indonesia melakukan riset sendiri jauh-jauh hari dan tidak asal membuat asumsi soal halal atau haramnya makanan.

Curhatan netizen ini pun sudah menerima banyak komentar, yang sebagian besar merasa setuju dengannya.

''Padahal makanan di Indonesia tambah gak jelas halal haramnya. Apa bakso pinggir jalan tu dagingnya bener2 halal? Kan gatau kan.''

''Aku bilang ya udah ke restoran India ya.... ngeluh mahal.''

''Kasih resto vegetarian,'' tambah salah satu netizen.

Semoga dengan ini, semakin banyak traveler yang rajin mencari informasi terlebih dahulu sebelum berangkat ke Jepang. Termasuk di mana restoran halal di Jepang yang murah, bersih, dan sesuai kantong.

Berita Terkait

Berita Terkini