Food

5 Pengganti Tepung Terigu untuk Kue Lebaran, Agar Dietmu Aman

Lebih sehat, karena beberapa tak memerlukan tambahan gula.

Dany Garjito

Ilustrasi Kue. (Unsplash/Rai Vidanes)
Ilustrasi Kue. (Unsplash/Rai Vidanes)

Guideku.com - Lebih sehat dan minim kalori, tapi dengan rasa yang tak kalah enak dengan kue yang menggunakan tepung terigu.

Ya, selama ini, tepung terigu selalu jadi bahan baku utama untuk membuat kue Lebaran. Tapi, tepung terigu punya beberapa kekurangan, di antaranya dapat menimbulkan keluhan pada penderita alergi atau intoleransi gandum, serta kandungan kalori yang tinggi.

Tetapi, tepung terigu sendiri bukannya tak tergantikan. Menurut Abby Langer, RD, sejumlah tepung alternatif dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu biasa jika kamu memiliki alergi atau intoleransi terhadap tepung gandum, atau jika kamu hanya ingin menambahkan lebih banyak variasi pada kue Lebaran.

Pengganti tepung terigu ini bisa terbuat dari kacang almond, kelapa, atau serealia lainnya yang digiling sampai menyerupai tekstur dan konsistensi tepung.

Dan menurut Langer, tepung alternatif ini dapat memberikan tambahan nutrisi serta rasa yang sedikit berbeda ke hidangan Lebaran atau kue Lebaran kamu. "Tepung almond, misalnya, memiliki lebih banyak protein daripada tepung terigu serbaguna dan memberikan sedikit rasa spicy," kata Langer.

Satu hal yang perlu diperhatikan, karena pengganti tepung terigu ini teksturnya tidak selalu sama dengan tekstur tepung terigu, kamu biasanya tidak dapat melakukan pertukaran langsung. Kamu mungkin harus melakukan sedikit hitungan matematika untuk mendapatkan konversi yang benar.

"Saya sarankan kamu meneliti rasio substitusi untuk tepung alternatif sebelum menggunakannya dalam resep yang berbahan tepung terigu. Kamu bisa menemukan informasi ini di bagian belakang kemasan tepung alternatif yang ingin kamu gunakan," kata Langer.

Lalu, apa saja pengganti tepung terigu terbaik menurut ahli gizi? Ini dia seperti dilansir dari Womens Health Mag.

1. Tepung almond
Sudah pernah coba minum susu almond yang sempat hits itu? Nah, sekarang saatnya mencoba tepung almond. Untuk membuat kue, kamu bisa mencampurkan tepung almond dengan tepung terigu dengan perbandingan 2 : 1, atau dua cangkir tepung almond untuk setiap satu cangkir tepung terigu. Takaran ini akan memberikan rasa manis yang sempurna untuk camilan, tanpa kamu harus menambahkan gula berlebihan. Almond sendiri merupakan sumber kalsium dan magnesium.

2. Tepung kelapa
Tepung kelapa ini merupakan tepung kelapa kering pengganti tepung terigu yang bebas gula dan gluten. Tepung kelapa kering adalah tepung halus yang terbuat dari parutan daging kelapa dari hasil sisa membuat santan yang dikeringkan. Selain itu, tepung kelapa juga mengandung karbohidrat yang rendah, sehingga dapat membantu mencegah gula darah kamu melonjak dan menjaga nafsu makan tetap terjaga. Penggunaannya utuk bikin kue sebaiknya tidak dicampurkan dengan tepung terigu. Desiree Nielsen, RD, penulis Un-Junk Your Diet, merekomendasikan untuk mencari resep kue yang secara khusus mencantumkan tepung kelapa sebagai bahan bakunya.

3. Tepung pisang raja
Tepung pisang merupakan tepung serba guna yang kaya akan gizi. Tepung pisang bisa digunakan sebagai bahan utama cake, kue, mi, roti, dan masih banyak lagi lainnya. Jika teoung terbuat dari pisang yang matang, tepung akan memberikan rasa manis pada makanan, ditambah aroma pisang yang kuat. Dan karena tepung pisang mengandung pati resisten lebih tinggi daripada tepung terigu, Anda akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi kue yang terbuat dari tepung pisang.

4. Tepung gandum utuh
Tepung gandum utuh adalah tepung yang diperoleh dengan cara menggiling seluruh bagian biji gandum secara utuh (whole wheat), yaitu endosperm, bran dan germ. Kandungan nutrisi dan khasiat tepung gandum utuh lebih kaya dari tepung terigu. Anda akan menemukan banyak serat, vitamin, mineral, kalsium, dan protein dalam jenis tepung ini. Akan tetapi, teksturnya terasa lebih kasar dan warnanya lebih kecokelatan daripada tepung terigu. Kandungan glutennya lebih sedikit, tapi tidak bebas gluten. Dan penggunaan tepung gandum utuh bisa menggantikan seluruh penggunaan tepung terigu.

5. Tepung Quinoa
Quinoa mengandung protein, serat, zat besi, dan magnesium. Plus, quinoa ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti akan menjaga kadar gula darah dan jantung tetap sehat. Tepung quinoa memiliki sedikit rasa spicy jika digunakan untuk membuat kue. Cocok untuk kue lebaran yang bercitarasa gurih.

SUARA.com/Vania Rossa

Berita Terkait

Berita Terkini