Travel

Di Maskapai Penerbangan Ini, Karyawan Dilarang Konsumsi Alkohol

Gebrakan yang berani!

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi pramugari. (Pixabay)
Ilustrasi pramugari. (Pixabay)

Guideku.com - Maskapai penerbangan asal Jepang, Japan Airlines menerapkan peraturan baru bagi karyawannya untuk tidak mengonsumsi alkohol hingga tahun 2019.

Karyawan yang tertangkap tangan meminum alkohol hingga tahun 2018 berakhir, bahkan akan dikenakan potongan gaji sebesar 20 persen selama sebulan.

Tak tanggung-tanggung, Kepala Awak Kabin pun akan dikenakan potongan gaji sebesar 10 persen jika anggotanya terbukti mengonsumsi alkohol.

Ilustrasi kabin pesawat. (Pixabay)
Ilustrasi kabin pesawat. (Pixabay)

Aturan ini diterapkan bukan tanpa alasan, selama tahun 2018, maskapai penerbangan dari Negeri Matahari Terbit ini kerap bermasalah dengan karyawannya yang mengonsumsi alkohol.

Beberapa di antara kasus tersebut bahkan sempat menjadi angin buruk bagi dunia penerbangan Jepang seperti kasus co-pilot Japan Airlines yang mabuk dan di dalam tubuhnya didapati kandungan alkohol 10 kali lipat lebih tinggi dari batas legal.

BACA JUGA: Bikin Geger, Penumpang Pesawat Sembunyikan 70 Burung dalam Rol Rambut

Sang co-pilot bahkan tak sanggup berdiri tegak dan terpaksa digantikan pilot lain 50 menit sebelum pesawat lepas landas.

Ada pula kasus pramugari Japan Airlines yang kedapatan mengonsumsi sampanye kala mengudara hingga mengganggu awak kabin lainnya.

Peraturan ini dinilai sebagai langkah yang cukup berani menilik begitu mengakarnya tradisi minum alkohol bagi masyarakat Jepang.

Lantas, gimana menurutmu?

Berita Terkait

Berita Terkini