Travel

Alternatif Transportasi Menuju Tugu Pal Putih, Bisa Naik Trans Jogja

Anti bingung, ini alternatif transportasi yang bisa Anda pilih untuk menuju Tugu Pal Putih.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Miniatur Keraton Yogyakarta di Tugu Pal Putih. (Guidekuy/Arendya)
Miniatur Keraton Yogyakarta di Tugu Pal Putih. (Guidekuy/Arendya)

Guideku.com - Traveling ke Yogyakarta, rasanya kurang afdol jika belum mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang Tugu Pal Putih.

Ya, Tugu Pal Putih inilah yang selalu ramai disambangi wisatawan terutama di malam hari. Dipercaya, Tugu Pal Putih ini merupakan titik pusat daerah Yogyakarta.

Lokasinya juga menjadi sumbu imajiner yang mempertemukan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan Pantai Parangtritis jika ditarik garis lurusnya.

Tugu Pal Putih bukan hanya sebagai destinasi wisata bersejarah dan Instagramable saja lho. Ikon Kota Pelajar ini rupanya juga menjadi wadah bagi masyarakat Yogyakarta serta luar daerah untuk mengekspresikan kreatifitas dan aspirasi mereka.

Nah, berikut ini Guideku.com rangkum 5 alternatif transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju Tugu Pal Putih Yogyakarta ini.

1. Trans Jogja

Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)
Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)

 

Dengan harga Rp 3.500 saja sekali perjalanan, Trans Jogja merupakan moda transportasi andalan untuk berkeliling kota.

Tugu Pal Putih sendiri kebetulan terletak dekat halte Trans Jogja Mangkubumi.

Untuk mencapai halte Mangkubumi ini, Anda tinggal menaiki bus Trans Jogja jurusan koridor 1B, 2A, dan juga 3B.

2. Berjalan kaki

Nah, bagi Anda yang mungkin menginap di dekat Malioboro, Tugu Pal Putih ini lokasinya tak terlalu jauh dan bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki lho.

Menyeberang rel kereta api, Anda bisa berjalan kaki melewati kawasan Mangkubumi selama 15 menit untuk kemudian tiba di Tugu Pal Putih ini.

Keuntungannya berjalan kaki menuju Tugu Pal Putih ini, Anda bisa bebas berhenti sewaktu-waktu untuk jajan angkringan di pinggir jalan nih, menarik sekali bukan?

3. Naik becak

Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)
Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)

 

Seperti yang telah kita ketahui, becak menjadi salah satu alat transportasi tradisional di Yogyakarta. Bagi Anda yang mungkin ingin bersantai sambil menikmati Kota Yogyakarta, becak ini dapat Anda jadikan pilohan untuk menuju Tugu Pal Putih.

Dari Malioboro, biaya naik becak menuju Tugu Pal Putih ini mematok harga mulai dari Rp 20 ribuan.

4. Naik Delman

Karena masih berada di kawasan wisata dan tak terlalu jauh dari Malioboro, Anda juga bisa memilih naik delman atau andong lho.

Untuk Anda yang mungkin pergi lebih dari dua orang dan tetap ingin pergi ke Tugu Pal Putih dengan cara unik, bisa memilih untuk naik andong ini.

Jadi usai puas belanja oleh-oleh Anda bisa minta tolong kepada pak kusir untuk mengantar travelers menuju Tugu Pal Putih.

5. Transportasi online atau transportasi pribadi

Nah, bagi Anda yang mungkin membawa transportasi pribadi dan kebetulan berada di kawasan Malioboro, Tugu Pal Putih ini bisa dicapai dalam waktu kurang dari 10 menit saja jika situasi jalanan sedang tidak padat atau macet.

Pertama-tama Anda bisa berjalan ke timur melewati Jalan Perwakilan menuju Jalan Mataram.

Kemudian setelah itu berbelok ke kiri menuju Jalan Abu Bakar Ali, kemudian belok kiri memasuki Jalan Ahmad Jazuli.

Setelah itu Anda akan melewati Jalan Prau menuju Jalan Faridan M Noto. Kemudian setelah melihat McDonalds di kanan jalan, Anda dapat berbelok ke kiri.

Nah, dari jalan besar tersebut Anda sudah melihat bangunan Tugu Pal Putih nan megah.

Itu dia tadi, 5 alternatif transportasi yang dapat dipilih untuk pergi menuju Tugu Pal Putih. Jadi bagaimana, sudah siap menjelajah Yogyakarta travelers?

Berita Terkait

Berita Terkini