Travel

Cantiknya Pesona Hamparan Pasir Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Cantik, merah, dan memesona.

Vika Widiastuti | Aditya Prasanda

(Wikimedia Okkisafire)
(Wikimedia Okkisafire)

Guideku.com - Bertolak 60 kilometer dari pusat kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terlihat Pantai Pulau Merah membentang dengan lanskap alamnya nan menawan.

Menuju pantai ini, kita harus mengambil jalan menuju Kesilir, menyisir jalanan desa nan berkelok-kelok hingga tiba di Pulau Merah.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat memanfaatkan kendaraan umum yang bertolak dari Terminal Banyuwangi tujuan Pesanggaran.

Setibanya di Pantai Pulau Merah, kita akan menyimak bibir pantai dengan hamparan pasir putih nan memesona, membentang sepanjang tiga kilometer.

(Wikimedia Triy Purnama)
(Wikimedia Triy Purnama)

 

Uniknya, saat tersapu gulungan ombak, pasir yang cenderung berwarna putih kecokelatan tersebut berubah warna menjadi pink, bahkan tak jarang berwarna merah.

Saat senja menggelayuti pulau ini, lanskap senja nan jingga kemerahan berkelindan dengan pasir merah berikut genangan air laut yang tersisa di bibir pantai. Magis dan menawan.

(Instagram Rida Kusrida)
(Instagram Rida Kusrida)

 

Tak jauh dari pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini, sebuah bukit kecil setinggi 200 meter menjulang diselimuti susunan tanah merah dan vegetasi hijau.

Selain itu, masih di kawasan Pantai Pulau Merah, terdapat pula Pura yang acap digunakan umat Hindu beribadah.

Para wisatawan yang menyambangi pantai ini kerap menghabiskan waktu dengan bersnorkeling, berselancar, hingga sekadar berfoto dengan lanskap pura dan alam di sekitar nan menakjubkan.

Jika ingin menyambangi pantai ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 8.000 lho. Murah banget kan?

Berita Terkait

Berita Terkini