Travel

Intip 7 Keajaiban Dunia Versi Baru, Berdasar Popularitas di Media Sosial

Menurut jumlah likes di media sosial, inilah 7 keajaiban dunia yang terbaru.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Tembok Besar Tiongkok (Wikimedia)
Tembok Besar Tiongkok (Wikimedia)

Guideku.com - Sejak dulu, kita mengenal nama-nama berbagai situs atau monumen kuno seperti Piramida Giza, Tembok Besar China, dan Taj Mahal sebagai bagian dari 7 Keajaiban Dunia.

Kemudian, beberapa tahun silam, 7 Keajaiban Dunia Baru pun ditetapkan oleh New7Wonders berdasarkan voting dari 200 monumen di seluruh dunia.

Namun, baru-baru ini, perusahaan penyedia taksi terbesar di dunia yang bernama Taxi2Airport.com merilis daftar 7 Keajaiban Dunia versi terbaru.

Dilansir dari laman Travel Daily Media, daftar 7 Keajaiban Dunia versi Taxi2Airport ini ditentukan berdasarkan popularitas mereka di media sosial.

Dengan melihat jumlah likes yang ada di Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest, inilah 7 Keajaiban Dunia berdasarkan popularitas di media sosial.

1. Petra, Yordania

Kota Kuno Petra (Pixabay/Plukje)
Kota Kuno Petra (Pixabay/Plukje)

Kota tua Petra di Yordania merupakan salah satu destinasi wisata yang belakangan makin digemari turis.

Petra sendiri merupakan situs arkeolog yang berada di kaki gunung dan sudah menjadi situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak 1985.

2. Christ the Redeemer, Brasil

Christ the Redeemer (Wikimedia Commons)
Christ the Redeemer (Wikimedia Commons)

Meski bukan merupakan yang tertinggi di dunia, patung Christ the Redeemer yang berada di Rio de Janeiro, Brasil tetap menjadi yang paling terkenal.

Selain kerap dikunjungi turis, patung yang ada di puncak Corcovado ini juga merupakan simbol kebanggaan kota.

3. Tembok Besar China

Tembok Besar Cina. (Pixabay)
Tembok Besar Cina. (Pixabay)

Siapa tak kenal Tembok Besar China? Dikenal sebagai bangunan terpanjang di dunia, Tembok Besar China masih setia menjadi favorit para wisatawan.

Totalnya, tembok yang dulu berfungsi sebagai benteng pertahanan ini memiliki panjang total 8.850 km.

4. Kolosseum, Italia

Kolosseum (Wikimedia Commons)
Kolosseum (Wikimedia Commons)

Dulunya merupakan tempat pembantaian berdarah sekaligus memiliki sejarah kelam, Kolosseum adalah amfiteater bergaya Romawi yang menjadi ikon kota Roma.

Bangunan ini konon dapat memuat 50.000 sampai 80.000 orang, dan digunakan untuk mengadakan pertandingan gladiator hingga pertunjukan drama.

5. Machu Picchu, Peru

Situs Machu Picchu kini dibatasi pengunjung dan turis setiap harinya. (Pixabay/4758892)
Situs Machu Picchu (Pixabay/4758892)

Meski sudah mengalami overtourism dan waktu kunjungan ke sana dibatasi, Machu Picchu tetap menjadi daya tarik bagi turis.

Situs peninggalan kebudayaan Inca ini dibangun pada tahun 1450-1460an, dan ditetapkan menjadi situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 1983.

6. Chichen Itza, Meksiko

Chichen Itza (Wikimedia Commons)
Chichen Itza (Wikimedia Commons)

Chichen Itza adalah piramida peninggalan suku Maya yang berada di Amerika Latin. Situs ini masih memiliki penampilan yang terawat baik, meski umurnya sudah ratusan tahun.

Kompleks Chichen Itza sendiri dibangun sekitar 800 SM dan menjadi pusat pemerintahan serta ekonomi kebudayaan Maya.

7. Taj Mahal, India

Taj Mahal (Unsplash)
Taj Mahal (Unsplash)

Terakhir, ada Taj Mahal yang juga masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Dunia versi media sosial. Mirip seperti Machu Picchu, situs bersejarah yang satu ini juga dilanda overtourism.

Taj Mahal sendiri dibangun oleh Kaisar Shah Jahan sebagai makam bagi istrinya Mumtaz Mahal. Selain makam, Taj Mahal juga berfungsi sebagai masjid.

Berita Terkait

Berita Terkini